Kamis, 17 Maret 2011

Story of my Oppa

JANG Geun Suk selalu menjadi magnet. Peran komedi di Hong Gil Dong, karakter dewasa di Hwang Jini, atau tokoh melankolis diBethoveen Virus punya catatan tersendiri di hati penggemar serial Hallyu.
Tapi kemunculannya di serial You Are Beautiful (YAB)  yang tayang di stasiun TV SBS Oktober-November tahun lalu praktis menjadi gebrakan mutakhir dalam karier keartisan Jang Geun Suk, yang dimulainya dengan menjadi model pada usia 5 tahun.
Pada akhir 2009, Sohu Entertainment membuat daftar aktor Korea paling berpengaruh dalam industri hiburan Korea dan memasukkan Jang Geun Suk dalam kategori 87th Generation of Leaders berkat perannya sebagai Hwang Tae Kyung, leader grup band A.N.JELL di serial YAB. Menyusul sukses bintang-bintang Boys Before Flowers, Jang Geun Suk dan pemain YAB menjadi bintang-bintang paling fenomenal tahun ini.
Di serial dan film lamanya seperti Do Re Mi Fa So La Ti Do, Nonstop 4, Lovers In Prague, atauDaemang ia muncul sebagai aktor “brondong” yang beradu akting dengan pemain-pemain senior.
Tapi serial yang dalam bahasa Korea berjudul Minami Shineyo memberikan kesempatan Jang Geun Suk memancarkan aura idola dewasa bersama aktor-aktris sebaya. Malah, di antara personel grup A.N.JELL lain; Park Shin Hye (Go Minam), Jung Yong Hwa (Kang Shin Woo), dan Lee Hong Ki (Jeremy), Jang Geun Suk yang usianya paling tua mendapat peran sebagai pimpinan grup A.N.JELL.
“Di drama yang sebelumnya, saya selalu menjadi yang paling muda, tapi kali ini saya kakak tertua dan saya merasakan tanggung jawab yang besar. Tapi saya ingat, Jung Jin Young sunbae dari film Itaewon Murder Case pernah bilang, ‘Saat berhubungan dengan aktor junior, jangan memperlakukan mereka seperti junior, tapi sebagai teman sebaya,’” urainya.
YAB disebut-sebut salah satu serial Korea terbaik dan terpopuler 2009. Semua personel grup A.N.JELL mencuat, termasuk Jang Geun Suk yang kini jadi idola remaja paling digilai di Korea dan Asia Tenggara.
Penggemar serial Korea di Indonesia pasti sudah tidak sabar menunggu penayangan YAB. Begitu pula dengan kami, yang sudah tak tahan mengulasnya. Tapi berhubung serialnya belum tayang, membahas kiprah Jang Geun Suk si leader A.N.JELL di YAB juga menarik.
“Ini drama yang sangat saya inginkan. Saya menerima skenarionya awal tahun ini (2009) dan sejak itu sangat tertarik dengan proyek ini. Saya banyak berlatih dengan instrumen musik, membaca skenario, dan menganalisis karakternya dengan serius,” kata vokalis dan gitaris grup A.N.JELL ini.
Saking menjiwai perannya, publik meyakini, Jang Geun Suk memiliki talenta besar di dunia musik. Bahkan A.N.JELL yang sebenarnya hanya grup “jadi-jadian” seolah nyata dan diperlakukan bak grup idola baru di Korea.
Untuk menghidupkan A.N.JELL, meski di luar serial penampilannya hanya bisa disaksikan sesekali dalam acara-acara khusus, grup ini juga membuat mini homepage sebagai laman resmi layaknya grup idola lain.
Jang Geun Suk pun menjadi aktor-semi penyanyi yang ditunggu kehadirannya dalam jumpa fans di berbagai negara. Sejauh ini, jumpa fans di Taiwan dan Singapura membuktikan besarnya pengaruh Jang Geun Suk dalam industri hiburan Korea.
Di bawah alur YAB yang digarap duo sutradara Hong bersaudara, Jang Geun Suk muncul sebagai sosok karismatik. Jang Geun Suk memerankan Hwang Tae Kyung, leader band rock A.N.JELL yang modis, cool, ganteng, pendendam (karena masa lalu yang buruk dengan ibunya), dan diam-diam menaruh perhatian besar pada rekan satu bandnya, Go Minam. Ia tampil ekspresif.
Gaya malu-malu tapi mau yang sering diekspresikan dengan bibir monyong sungguh menggemaskan. Tapi ada saja kritik yang dialamatkan padanya. Ada yang bilang aktingnya mirip dengan Kim Myeong Min saat main di Beethoven Virus. Bisa jadi, karena Jang juga main di serial yang sama, ia banyak belajar dari seniornya itu. Tapi kalau dibilang aktingnya meniru, ia jelas keberatan.
“Jelas, saya banyak belajar dari senior Myeong Min. Dia salah satu aktor yang paling saya hormati. Kapan pun saya punya pertanyaan soal akting, saya pasti bertanya kepadanya. Peran Hwang Tae Kyung dan karakter Myeong Min di Beethoven Virus banyak kesamaan, tapi dasarnya berbeda. Mereka bukan peran yang benar-benar sama,” elak dia.
Jang Geun Suk tak mau sesumbar saat diminta menilai aktingnya sendiri. “Dari skala 1-10, saya memilih 7 atau 8. Saya ingin menjadi sempurna, tapi setelah saya lihat kembali, masih banyak bagian yang saya rasa butuh perbaikan,” aku dia.
Dan kalau diminta memilih peran mana yang paling disukainya, ternyata bukan Hwang Tae Kyung, melainkan Kim Eun Ho di serial Hwang Jini. Bukan lantaran gosip cinlok dengan lawan mainnya, aktris Ha Jiwon. Di Hwang Jini, pertama kalinya Jang muncul sebagai aktor dan dengan peran dewasa.
“Saat saya 20 tahun, saya resmi menjadi aktor dewasa di serial Hwang Jini. Peran sebagai Kim Eun Ho adalah karakter tak terlupakan, karena ini pertama kalinya saya mendengar kalimat, ‘Jang Geun Suk telah menjadi aktor yang sesungguhnya.’ Setiap kali merasa gugup atau tak percaya diri, saya mengenang kembali masa itu,” ungkap dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar